Archive for the ‘Uncategorized’ Category

Yuk..menulis lagi

Sempat malas untuk menulis selama 1 bulan lebih..

Sebel juga rasanya, karena si blog jadi tidak ter-up-date..

udah bikin targetan tahun ini untuk my bloggy…seratus postingan…

Yosh!! Semangat!! \(^o^)/

Semoga dengan targetan ini bisa menambah semangat saya untuk menulis..

.::Mengumpulkan semangat2 yg tersisa::.
Bismillah…

Hal-Hal Yang Menyehatkan dan Menguatkan Iman

1. Menuntut ilmu, yaitu ilmu yang menyebabkan bertambahnya pengetahuan dan keyakinan tentang iman. (QS. 35:28)

2. Menyimak atau mentadaburi Al-Qur’an (QS. 17:282)

3. Dzikir dan Pikir

Dzikirà mengingat Allah beserta sifat-sifatNya, hal-hal yang menyangkut keagunganNya, dan membaca kalamNya

Pikirà aktivitas yang mengacu kepada renungan terhadap ciptaan Allah, ayat-ayatNya, dan mukjizatNya (QS. 3:190-191)

4. Mengikuti dan komitmen terhdap majelis dzikir (seperti mentoring). “Tidaklah segolongan orang duduk seraya menyebut Allah melainkan para malaikat mengelilingi mereka, rahmat meliputi mereka, ketentraman hati turun kepada mereka, dan Allah menyebut mereka termasuk ke dalam golongan yang berada di sisinya.”(HR. Muslim) Continue reading

Islami ya Quds – Sejahteralah Engkau Wahai Quds

sejahteralah engkau wahai quds, sungguh untuk pengorbanan

kami mempunyai kekuatan, jika dunia mengerahkan kekuatan

kami takkan menyerah, selamanya

aku berharap bersama hari ini ada hari esok (2x)

bersatu hatiku dan tekadku untuk berjihad

aku takkan melenceng, takkan jemu, takkan melunak (2x)

wahai quds kesejahteraan, wahai negeriku

jika penjahat menembakkan anak peluru

aku menjaganya dengan hatiku (aku akan menahannya dengan dadaku)

sejahteralah engkau sepanjang masa

sejahteralah engkau sepanjang masa

muslim aku, jemariku adalah yang membangun

masjidil aqsa yang telah engkau tentukan

berdirinya sakhrah di tengah-tengah kami

sepanjang masa, tempat aku berdiri (2x)

untuk perjuangan dan jihad membela negeri

aku takkan melenceng, takkan jemu, takkan melunak (2x)

wahai quds kesejahteraan, wahai negeriku

jika penjahat menembakkan anak peluru

aku menjaganya dengan hatiku (aku akan menahannya dengan dadaku)

sejahteralah engkau sepanjang masa

sejahteralah engkau sepanjang masa

sejahteralah engkau wahai quds, sungguh untuk pengorbanan

kami mempunyai kekuatan, jika dunia mengerahkan kekuatan

kami takkan menyerah, selamanya

aku berharap bersama hari ini ada hari esok (2x)

bersatu hatiku dan tekadku untuk berjihad

aku takkan melenceng, takkan jemu, takkan melunak (2x)

bersatu hatiku dan tekadku untuk berjihad

aku takkan melenceng, takkan jemu, takkan melunak (2x)

wahai putera-puteri quds, demi kemuliaan

dengan qudsku jayakanlah masa depan

tebusan untuk quds bukan untuk dunia

aku posisikan islam hanya untuk Allah (2x)

wahai putera-puteri quds, demi kemuliaan

dengan qudsku jayakanlah masa depan

tebusan untuk quds bukan untuk dunia

aku posisikan islam hanya untuk Allah

di samping kiri adallah jantung hatinya

di samping kiri adallah jantung hatinya

dan negeriku berada di samping kanannya

wahai quds kesejahteraan, wahai negeriku

jika penjahat menembakkan anak peluru

aku menjaganya dengan hatiku (aku akan menahannya dengan dadaku)

sejahteralah engkau sepanjang masa

sejahteralah engkau sepanjang masa

About Smoking.. Merokok.. ngudud..(yah, something like that)

bahaya-merokok1…kaming sun..

baru dapet bahan2nya belum diolah..^^

10 Things About Me..

Cenah, semua blogger wajib punya deskripsi tentang dirinya di blognya (aturan dari siapa tuh?). Tapi ga papa deh, tak kenal maka tak sayang (basi banget yahh…). Sekalian bercermin, kali-kali aja ada sikap saya yang selama ini jelek ke orang-orang. Aduh, neda dihampura pisaaaannn…

Saya ituu…

1.     Jutek (ini penilaian orang2,,,hiks)

Saya sendiri sebenernya ga ngerasa begitu tuh (jutek). Tapi,, menurut pernyataan orang2 yang sekarang jadi sahabat saya, kesan pertama yang mereka liat dari saya tuh ya jutek itu.. Ga tau kenapa.. Atau karena alis saya yang emang bikin mata saya tampak terlihat sinis yah?? Sodara-sodara…ini mah bukan salah saya…emang dari sananya kaya gini…hiks. Tapi, menurut pengakuan orang yang sama(sahabat saya itu) setelah mengenal saya lebih jauh saya itu..

 

Tetep jutek.

Haha… sedih juga nih..dibilang gitu. Tapi beneran deh, ga ada sedikit maksud pun untuk menjuteki kalian, temanku.. Dan kenyataannya, kalau sudah mengenal, biasanya saya jadi orang yang perhatian banget sama temen saya, hehe.

 

Tapi kalo untuk interaksi dengan lawan jenis alias laki-laki, saya emang ga terlalu “lembut”… maksudnya, yah, ga usah terlalu akrab deh… Berinteraksi yah seperlunya saja. Bukan berarti saya jutek loh..tapi karena saya takut terkena & membuat orang lain terkena hal2 yang aneh2.. kaya infected disease VMJ.

 

Asal kalian tau wahai kaum Adam.. wanita tuh sangat sensitif perasaannya. Ga jarang akhwat yang paham ilmunya terkena virus ini Cuma gara-gara sering berinteraksi sama ikhwan (padahal karena memang satu amanah). Atau sering dikirimin SMS sama ikhwan (padahal isinya tausyiyah, bukan rayuan gombal). Atau karena si ikhwan suka nanya2 tentang pelajaran(padahal karena emang dia ga bisa, bukan cari perhatian atau untuk curi-curi pandang), dan hal-hal lain yang menurut kalian ga mungkin bisa meluluhkan hati seorang akhwat. Kok jadi ngomongin ini ya??

 

Ya, intinya, kalau ke ikhwan saya memang sedikit “galak”. Tapi bukan karena saya benci atau sebel..hanya ingin menghindari interaksi yang ga wajar, begitu…

 

2.     Ga Suka Berdebat

Saya tipe orang yang “suka cari aman”. Ga bagus juga sih, karena dengan begitu pikiran saya mungkin jadi lebih sempit dibandingkan orang lain. Saya kadang ga suka aja kalau ngeliat orang berdebat. Kok ya yang dimunculkan melulu perbedaannya?? Jelas bisa menciptakan jurang yang dalam antara dua beda pendapat.

 

Kenapa sih, ga cari kesamaannya aja? Toh kesamaan itu bisa nunjukin kalau diantara mereka ada satu hal yang sama yang bisa dibangun sama-sama. Kaya umat Islam jaman sekarang. Beda dalam masalah fiqh aja berantem. Males sapa-sapaan. Diem-dieman. Kalau ketemu pura-pura ga lihat. Padahal kan masih sama-sama Islam… Kecuali kalau memang Islamnya Islam yang jelas-jelas ga bener (contohnya dari sisi aqidah,kaya Ahmadiyah yang jelas-jelas mengingkari Muhammad saw.sebagai rasul yang terakhir..sok ngaku-ngaku Islam lagi, sebel deh..).

 

3.     Amat Sangat Otak Kanan Sekali

Saya kepalang kreatif (pede banget yaaa..) untuk ukuran seorang anak FK. Hobi saya mengerjakan hal2 yang nyeni. Saya senang buku2 kreatifitas (kayak buku yang isinya cara untuk menyulap sampah jadi benda bernilai seni). Acara tipi favorit saya tentang arsitektur dan desain interior. Kalau online, hobi saya men-download benda-benda seni (entah itu papercraft, property scrapbook, atau sekedar kartu2 ucapan untuk bahan inspirasi). Kadang saya merasa untuk saat ini saya lebih butuh otak kiri saya yang bekerja lebih (maksud lo?) untuk memahami ilmu2 kedokteran yg saya pelajari di kampus…

 

Beberapa waktu yang lalu, saya baru menyadari bahwa ke-otak-kanan-an saya bukanlah hal yang harus saya sesali, tapi suatu hal yang harus saya syukuri. Dengan hobi saya ngoprek corel, akhirnya saya dan teman-teman mendapat proyek yang mendatangkan keuntungan secara finansial buat kami. Dengan ke-otak-kanan-an saya, saya biasa membuat souvenir atau pamflet2 publikasi untuk acara2 di kampus. Dengan ke-otak-kanan-an saya, jelas saya bisa membuat diri saya senang dan nyaman ketika mengerjakan hal-hal kesukaan saya itu.

 

4.     Hmmm, mulai bingung.. Cerewet kali yah..

Cerewet saya ini ga muncul di sembarang tempat.. Saya biasa banyak bercerita pada orang-orang yang sudah saya anggap sangat dekat sekali dengan saya.

 

5.     Nekat!!

Kalau udah di dapur, saya berubah jadi orang yang paling nekat sedunia. Apapun bahan-bahan yang ada di dapur saya pakai untuk percobaan resep saya. Sejauh ini sih, hobi saya bereksperimen di dapur belum menimbulkan sesuatu yang membahayakan buat orang lain. Seringnya sih, tanpa sengaja jadi menemukan resep yang enak..hehe.

 

 Ga heran, kalau saya pulang ke rumah,ibu saya paling hobi menyuruh saya untuk memasak. Soalnya, saya akan dengan sangat senang hati menerima tawaran itu dibanding dengan kalau ibu meminta saya mengepel.

 

So far, masakan yang saya buat layak untuk dikonsumsi. Tinggal mengasah insting membubuhkan garam-gula dalam masakan. Saya masih sering ngerasa takut buat membubuhi garam dan gula..takut jadi ancuur rasanya…

 

6.     Bukan Tipe Orang yang Romantis

Maksudnya?? Saya ga begitu senang menunjukkan rasa sayang saya pada orang yang saya  sayangi. Saya lebih senang menunjukkan perhatian saya dengan hal2 yang mungkin menurut orang lain ga wajar.

 

Contohnya, untuk menunjukkan rasa sayang sama adek cowok, saya ga akan serta-merta bilang,”dek, teteh sayaaang deh sama kamu.”  Tapi saya akan menunjukkannya dengan mencubit adik saya yang sedang asik main PS. Alhasil, perang bantalpun dimulai…(ini teh nunjukin rasa sayang atau ngajak berantem yaa???). 

 

Yah, mungkin saya termasuk orang yang gengsi juga untuk menunjukkan rasa sayang dengan cara yang romantis.. Tapi kalau ke orang tua mah ga berani pake cara begituan, takut malah bikin orang tua sedih..(gara-gara ngerasa gagal mendidik anak seperti saya, hehe).  Btw sebenernya, saya ga tau loh, definisi romantis itu apa..(eeehhh??!)

 

7.     Gampang Banget Luluh..

Bukan luluh lantak ya.. tapi, saya termasuk orang yang gampang nangis. Mungkin threshold saya rendah kali ya.. Gampang terharu…  Akhirnya nangis Bombay deh..(kenapa harus Bombay ya yg dibawa-bawa?? Kenapa bukan Ciamis?).

 

 Saya juga suka susah mengekspresikan rasa tidak suka saya pada seseorang. Kalau ada orang yang bikin saya kesel, saya ga bisa mengungkapkan ke orang itu bahwa saya ga suka diperlakukan seperti itu. Akhirnya, saya malah sering nangis sendiri kalau ada orang yang bikin saya kesel. Aneh ya… padahal kan orang lain yang bikin salah..

 

8.     Senang Memikirkan Sesuatu

Bukan yang aneh2 loo.. Tapi saya senang merencanaka sesuatu. Misalnya, saya pernah berpikir tentang Departemen Pembinaan yang ideal untuk saya. Saya bahkan membuat coretan-coretan tentang hal-hal yang harus saya lakukan untuk departemen tempat saya bertugas itu.

 

 Tapi kelemahan saya, saya kurang bisa membawa ide2 saya itu pada teman2 yang bekerja bersama saya. Alhasil, ide pun tinggal ide. Isi pikiran saya pun tenggelam dalam diri saya sendiri….

 

9.     Bookacholic..

Suka banget baca dan ngoleksi buku. Tapi sekarang udah sedikit meluntur nih, gara2 banyak textbook kuliah yang harus dibaca (alasan!). Padahal duluu saya sukaaa banget sama yang namanya baca buku. Sekarang sedang ingin membangun kembali ke-bookacholic-an saya lagi. Tuntutan peran dan zaman ni. Doakan yaaa…

 

10.                        Haahh? Udah sepuluh ya? Padahal masih banyak yang ingin saya ceritakan..

 

Saya adalah mahasiswa kedokteran.

 

Saya adalah seorang anak, kakak, mentor, adik mentor, sahabat, murid, teman tutorial, anak kosan, rekan kerja, dll bagi orang-orang di sekitar saya.

 

Tapi,,,jauuuuh sebelum saya menjadi apapun, saya punya satu takdir yang ga bisa saya hindarkan. Ya, saya adalah seorang muslimah yang punya tanggung jawab pada Rabb saya. Saya adalah seorang da’i sebelum saya menjadi apapun. Kewajiban amar ma’ruf nahiy munkar akan selalu melekat pada diri saya, apapun peran yang saya mainkan.. Fungsi ini yang kemudian mendorong saya untuk jadi orang yang terus menigkat keimanan dan ilmunya di setiap hari. Semoga selalu istiqamah.. Aamiin

Puding Coklat

puddding2 Resep #5,

Puding Coklat

Ah..ini mah gampang banget.. amatiran kayak saya juga pasti bisa bikin..hehe

Bahannya..

Agar-agar polos 1 bungkus

Gula sesuai selera..tapi, biar rasa coklatnya berasa, jangan terlalu banyak pakai gula

Coklat batang 100gr kayaknya cukup

Coklat bubuk kira2 3 sdm.. larutkan

Fla…

Susu cair 1000 ml

Gula sesuai selera

Telur dikocok lepas

Maizena 2 sdm, larutkan

Caranya…

Rebus agar2 seperti biasa..ikutin aja petunjuknya dibelakang bungkus agar-agar..

Flanya…

1. Rebus susu dengan api kecil… hindari susu mendidih, nanti ga bagus hasilnya(toh udah matang juga kan, susunya…)

2. Tambahkan gula…aduk-aduk terus

3. Kecilkan api,,atau matikan dulu.. Lalu masukkan kocokan telur(biar telurnya ga menggumpal kayak kalau kita masak mie rebus pakai telur)

4. Terakhir, masukkan maizena..

5. Jangan lupa terus diaduk dan pastkan telurnya sudah cukup matang sebelum diangkat

Jadi deh…

Kalau mau sdikit bereksperimen.. fla-nya bisa ditambah dark chocolate..jadi agak2 pahit coklat gitu.. enak banget! Jadinya pudding coklat saus coklat..mmm, mantap!!

Tongkol Bumbu Hijau

Resep #4, Tongkol bumbu hijau

Saya suka banget masakan ibu yang satu ini(dipikir-pikir, apa sih yang g saya suka??!heu..). Selalu kangen masakan ini, soalnya belum pernah nemu warung manapun yang ada menu kaya gini..

Bahan2nya

Ikan tongkol(biasanya dijualnya udah dalam bentuk potongan) disuir-suir

Jangung manis, sisir daging buahnya

Cabe hijau

Cabe rawit sesuai selera

Bawang daun, iris sedang

Bawang merah, iris tipis

Bawang putih, iris tipis

Tomat dipotong dadu

Pete (kalau suka.. Saya sendiri suka dibuangin pete-nya karena ga suka… tapi aromanya itu jadi beda..)

Caranya..

Gampang…tumis semua bumbu(bawang merah putih, cabe, tomat),,masukkan tongkol plus sayuran.. Kasih sedikit air…bumbui deh…

Saran: jangan pakai MSG alias pecin alias penyedap buat masakan apapun.. Kalau ga salah, dulu pernah baca kalau MSG bisa merusak –bahkan membunuh- sel2 otak…kalau buat anak2 efeknya kan bisa nurunin kecerdasan.. buat yang udah dewasa jadi mempercepat penuaan sel otak. Makanya ibu saya kalau masak ga pernah pake pecin. Biarpun rasanya ga sekuat kalo pake pecin, tapi garam+gula putih cukup menggurihkan masakan koq… (sotoy).