Archive for the ‘My Cooking Lesson’ Category

Macaroni Cream Soup

Resep #3

jollibee_creamy_macaroni_soup_by_jollibee

Ini juga resep ngarang abis.. Waktu itu sendirian di rumah dan kelaparan. Berhubung ada macaroni, jadi kepikiran buat bikin sesuatu yang aneh.. udah gitu nemu susu skim juga… jadilah makanan coba-coba tapi hasilnya enak ini..

Bahan..

Makaroni..seporsi aja,,(berapa gram y??dikira-kira aja deh..hehe) atau pakai pasta lain juga boleh..(tapi nampaknya kurang match kalo pake shagetti atau fetuccini..)

Jagung manis atau sayuran lain kaya wortel…kentang..potong kecil2

Bawang Bombay cincang

Bawang putih cincang

Garam, gula

Lada bubuk

Susu skim ½ gelas diseduh

Maizena

Caranya..

1. Rebus pasta sampai matang…sisihkan.. (buang aja air rebusannya)

2. Tumis bawang Bombay, bawang putih

3. Masukkan air(lebih enak lagi kalo pake kaldu ayam) ga usah terlalu banyak, soalnya nanti ditambah susu

4. Masukkan pasta dan sayuran

5. MAsukkan susu yang sudah diseduh, aduk terus(biar susunya ga denaturasi terus “pecah”). Oya, apinya juga jangan terlalu besar..api kecil aja

6. Bumbui dengan insting ;P

7. Tambahkan maizena

8. Sajikan

Saran: untuk konsumsi pribadi aja..soalnya resepnya coba2 jadi ga valid.. Malu kan kalau nyuguhin orang lain makanan yang rasanya belum tentu enak..hehe

Tapi menurut saya sih,resep ini cukup enak…apalagi dimakannya di pinggir jendela waktu hujan rintik-rintik. Anget tenan… ;9

Gurame Asam Manis

Resep #2,

Gurame Asam Manisgurameh-asam-manis4

Baru banget diajarin sama ibu kemaren, waktu pulang ke rumah. Sejak di tempat kos, jarang banget bereksperimen lagi.. Selalu capek kalau pulang kuliah, dan akhirnya hanya membeli makanan di warung, hehe

Bahan2nya..

1.       Gurame kecil 1 ekor(sekitar 250 gr), potong-potong

2.       Bawang Bombay 1 siung, iris tipis

3.       Bawang putih 2 siung

4.       Tomat matang 3 buah, haluskan bersama bawang putih

5.       Saus tomat

6.       Cabe merah gede..iris panjang

7.       Garam, gula

8.       Maizena 1 sdm, larutkan

Caranya…

1.       Goreng ikan sampai matang,, (kemaren sih digoreng biasa, tapi kayaknya kalau digoreng pakai tepung lebih enak deh, plus bumbunya nanti lebih nempel)

2.       Tumis bawang Bombay + cabe sampai matang,,

3.       Masukkan tomat+bawang putih yang sudah dihaluskan

4.       Tambahkan saus tomat untuk memperkuat aroma + warna (sedikit aja, paling 1-2 sdm) kalau perlu, tambahkan air sedikit

5.       Bumbui..(berhubung judulnya asam manis, pastikan kalau rasa yang menonjol adalah asam manis..jd gulanya jg lebih banyak..)

6.       Tambahkan maizena yg sudah dilarutkan sambil terus diaduk..fungsinya sama,untuk mengentalkan, biar bumbu lebih nempell..

7.       Tata ikan yang sudah digoreng di atas piring saji

8.       Siramkan bumbu asam manis ke atasnya..

9.       Siap untuk disajikan

Biarpun ga seenak di restoran, karena bumbunya juga sederhana, tapi asli,,ini resep nyummy banget. Kalau lagi berlebih uang, boleh deh sekali-kali masak ini di tempat kos.

Oya, kata ibu, ikannya ga harus gurame..bisa juga pake ikan lainnya, asal jangan ikan busuk,,,heu..

Biar rasa asamnya kuat, bisa juga ditambah buah-buahan yang asam kayak nanas atau mangga muda..tapi jagan kebanyakan, nanti gastritis..;p

Tadi sempet kepikiran gimana caranya ngeblender tomat padahal ga da blender di kost..terus jadi inget dulu pernah liat di tipi… Caranya, tomatnya direbus(atau direndem pakai air mendidih) dulu, terus dikuliti,,setelah itu pasti gampang buat dihancurin…heu

Kalau mau sedikit ngubah resepnya jadi bumbu asam pedas, tambahin aja cabe merah yang udah diblender… terus rasa manisnya dikurangin sedikit,,,biar ga terlalu banyak rasa yang dominan…

Chicken Soup with Sweet Corn

Receipe #1..

Chicken Soup with Sweet Corn

Awal bikin resep ini gara-gara penasaran sama sup2 jagung yang biasa ada di restoran.. Mmm, Nampak enak.. Awal nyoba resep ini sekitar 6 tahun yang lalu, waktu masih SMA. Ngarang2,,eh ternyata enak dan disukai orang2 rumah.. Bikinnya gampang banget..tinggal ditambah insting pas ngebumbuin supnya..hehe.

Bahan2nya..

Ayam ½ ekor, rebus, suir2 dagingnya

Sisihkan kaldunya untuk kuah sup

Jagung manis 3 buah, sisir buah dagingnya

Rajungan(kalau ada), atau bisa diganti dengan 1 butir telur ayam yg dikocok lepas

Bawang Bombay, cincang

Bawang putih, cincangcorn-soup

Lada bubuk

Bawang daun(kalau suka)

Garam, gula pasir secukupnya

Tepung maizena 1 sdm, seduh

Caranya…

1. Panaskan kaldu ayam..

2. Sambil merebus kaldu, tumis bawang Bombay + bawang putih

3. Setelah bawang matang(mulai layu+harum), masukkan tumisan bawang ke dalam kaldu yang sedang direbus

4. Masukkan jagung manis, ayam, dan rajungan

5. Tunggu sampai kaldu mendidih dan jagung matang

6. Masukkan telur yang sudah dikocok sambil mengaduk-aduk kaldu (kayak diorak-arik gitu..)

7. Bumbui

8. Beri tepung maizena untuk mengentalkan sup sambil diaduk

9. Sup siap disajikan

Gampang kan??? Selamat mencoba.. 😉