Archive for the ‘Belajar’ Category

Mengantuk…

sleepy_headsemua orang terlihat mengantuk hari ini..

jadi terinspirasi untuk membahas tentang mengantuk alias sleepy..

masih nunggu hasil browsingan di internet…

Mmmm… bertanya pada beberapa orang penyebab mengantuk yang biasa mereka alami.

Di antara hasil survey dadakan ini:

1. Gangguan tidur

2. Kebanyakan makan

3. Lapar (kok kontradiktif begini ya?? nanti coba kita buktikan sama-sama…)

4. Terlalu banyak aktivitas

5. Ga ada kerjaan

6. Ga enak badan alias lagi sakit

7. Pencahayaan kurang

8. Kuliah (haaah???)

Nanti insya Allah saya lanjutkan artikelnya kalau sudah dapat bukti-bukti ilmiah yang otentik..

hehe..

…dilanjutkan seminggu setelahnya..

Hipotesis 1

Kenapa habis makan banyak biasanya mengantuk???

Dugaan: karena sistem saraf autonom kita yang parasimpatetik saat itu bekerja lebih daripada yg simpatik.

Emang apa sih bedanya simpatik sama parasimpatetik??

Saya agak malas membuka buku nih.. seingat saya(dari pelajaran yg pernah dipelajari..) kerja simpatis tuh”to fight or flight”. Efeknya antara lain meningkatkan detak jantung, sekresi kelenjar(termasuk keringat), meningkatkan motilitas usus, pokoknya memfasilitasi tubuh untuk menghasilkan “panas” lebih..dalam arti lain, saat tubuh kita butuh energi. Contoh kerja simpatik tuh waktu kita berlari saat dikejar anjing(misalnya..) atau sedang dalam kondisi psikologis yg berat(co: mau ujian..). That’s why, kalo kita cemas kita merasa jantung berdebar, berkeringat, mules…

Sedangkan parasimpatetik sendiri kerjanya bertolak belakang dengan simpatik. Fungsinya “to rest and digest”, untuk beristirahat dan mencerna. Intinya mah, untuk memfasilitasi proses penyimpanan energi. Efek yang ditimbulkannya memengaruhi SLUDD (salivasi, urinasi,lakrimasi, defekasi, digestiv). Kebayang kan kalo banyak makanan yang masuk, otomatis banyak yg harus dicerna…parasimpatik pun lebih bekerja aktif. Nah, selain “to digest” fungsinya juga “to rest”..otomatislah.. terjadi relaksasi tubuh, tubuh pun bersiap-siap untuk penyimpanan energi, dan akhirnya…MENGANTUK…

..ini baru dugaan saya…lupa, apakah di buku dijelaskan seperti itu atau tidak. InsyaAllah akan terus di-update..

Hipotermia

Belajar lagi…

thermometer-hypothermia-710347

Hipotermia adalah kondisi dimana tubuh kita mengalami penurunanan suhu inti(suhu organ dalam).

Hipotermia merupakan suatu kondisi kegawatdaruratan medis. Karena bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan di seluruh tubuh(edema generalisata), meghilangnya reflex tubuh (areflexia), koma, hingga menghilangnya reaksi pupil mata.

Accidental hypothermia terjadi ketika suhu tubuh inti menurun hingga <35°C. Pada suhu ini, beberapa mekanisme kompensasi tubuh yang normal untuk ‘menghasilkan’ panas mulai terganggu.

Primary accidental hypothermia merupakan hasil dari paparan langsung terhadap udara dingin pada orang yang sebelumnya sehat.

Secondary accidental hypothermia merupakan komplikasi gangguan sistemik(seluruh tubuh) yan serius. Kebanyakan terjadinya sih di usim dingin(salju) dan iklim dingin.

Faktor Resiko Hipotermia

1. Umur: bayi baru lahir, orang tua

2. Paparan dingin di luar ruangan: olahraga, memakai baju tipis

3. Obat dan intoksikan: etanol, phenothiazin, barbiturate, anestesi, bloker neuromuscular

4. Hormon: hipoglikemia, hipotiroidisme, kekurangan adrenalin, hipopituitarisme

5. Neurologis: stroke, gangguan hipotalamus, Parkinson, Cedera sumsum tulang belakang

6. Multisistem: malnutrisi, sepsis, shock, gangguan hati dan ginjal

7. Luka bakar dan kelainan kulit eksfoliatif(mengelupas)

Apa sih penyebab hipotermia????

1. Yang pasti, ada kontak dengan lingkungan yang dingin

2. Adanya angguan atau penyakit yang didderita

3. Penggunaan obat-obatan (alcohol, barbiturate, phenothiazine, insulin, steroid, β-blocker

4. Sepsis, hipotiroid, radang pancreas

Gejalanya apa sajaa??

Menurut literature yang saya baca, katanya sih sulit untuk mendiagnosis hipotermia, Karena termometer klinis tidak memperlihatkan suhu di bawah 35°C. Kadang bisa ditemukan kaku pada otot, bradikardia, hipotensi, pernafasan cenderung dangkal dan lambat, dan dapat ditemukan pupil yang mengecil.

Menurut tingkat keparahannya, gejala klinis hipotermia dibagi menjadi 3 ,

1. Mild atau ringan

Sistem saraf pusat: amnesia, apati, terganggunya persepsi halusinasi

Cardiovaskular: denyut nadi cepat lalu berangsur melambat, meningkatnya tekanan darah,

Penafasan: nafas cepat lalu berangsur melambat,

Saraf dan otot: gemetar, menrunnya kemampuan koordinasi otot

2. Moderate,sedang

Sistem saraf pusat: penurunan kesadaran secara berangsur, pelebaran pupil

Cardiovaskular: penurunan denyut nadi secara berangsur

Pernafasan: hilangnya reflex jalan nafas(seperti batuk, bersin)

Saraf dan otot: menurunnya reflex, berkurangnya respon menggifgil, mulai munculnya kaku tubuh akibat udara dingin

3. Severe..parah

Sistem saraf pusat: koma,menurunnya reflex mata(seperti mengdip)

Cardiovascular: penurunan tekanan darah secara berangsur, menghilangnya tekanan darah sistolik

Pernafasan: menurunnya konsumsi oksigen

Saraf dan otot: tidak adanya gerakan, menghilangnya reflex perifer

Terapi apa yang bisa kit berikan untuk orang dengan kondisi hipotermia????

Jalan nafas harus tetap terjaga juga ketersediaan oksigen yang cukup.

Prinsip penanganan hipotermia adalah penstabilan suhu tubuh dengan menggunakan selimut hangat (tapi hanya pada bagian dada, untuk mencegah turunnya tekanan darah secara mendadak) atau menempatkan pasien di ruangan yang hangat. Berikan juga minuman hangat(kalau pasien dalam kondisi sadar).

Seperti biasa…kalau ada info yang kurang tepat harap dikoreksi 😉

Hipoglikemia

Apa itu hipoglikemia???

Hipo=sedikit

Glikemia=glukosa darah

Hipoglikemia adalah suatu kondisi dimana terjadi penurunan kadar normal glukosa(gula) darah.

Kriteria diagnosisnya menurut Whipple’s:

1. Ada gejala-gejala hipoglikemia seperti pusing, lemas, gemetar, berkeringat, dsb

2. Konsentrasi plasma glukosa yang rendah(dalam hasil pemeriksaan laboratorium)

3. Hilangnya gejala setelah level glukosa darah meningkat (setelah pemberian glukosa)

Emang apa sih pentingnya glukosa dalam tubuh kita???

Glukosa sendiri adalah bahan bakar metabolisme yang harus ada, mutlak, untuk otak kita dapat berfungsi normal. Jadi, fungsi otak sendiri tentunya akan berkurang kalau energy hasil metabolism glukosa tidak ada atau minim. Sedangkan, organ tubuh yang lainnya seperti otot masih dapat menggunakan asam lemak jika glukosa darah turun.

Kandungan glukosa darah bergantung pada intake makanan dan tingkat akivitas tubuh. Keseimbangan glukosa darah diregulasi oleh satu mekanisme biokimia rumit yang namanya glikolisis dan glukogenesis . Dalam kondisi membutuhkan energy, tubuh praktis menjalankan fungsi glikolisisnya (glikogen dipecah ke bentuk glukosa) ,,untuk memenuhi cakupan glukosa ke jaringan. Pun sebaliknya, jika tubuh kelebihan glukosa, glukosa ini akan mengalami proses glikogenesis untuk kemudian disimpan dalam bentuk glikogen.

Oya, ada satu lagi proes yang namanya glukoneogenesis. Proses ini akan berlangsung jika cadangan glukosa dalam bentuk glikogen sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan tubh lagi. Nantinya, glukosa akan dibentuk dari zat2 lain seperti asam laktat, piruvat, dll.

Nah, proses-proses rumit tersebut diatas bukan tanpa suatu mekanisme pengaturan. Fungsi dari proses-proses itu kemudian diatur oleh satu sistem yang dinamakan sistem endokrin yang melibatkan hormon. Yaitu dengan fungsi insulin dan glucagon (nantinya, insulin akan sangat erat hubungan kekerabatannya dengan penyakit mengerikan yang namanya DIABETES).

Hmmm, menarik yah… Kalau mau tau lebih jelas giman prosesnya,silahkan baca sadja buku biokimia Harper’s(buku yang sangat kurang saya senangi..T.T)

Laluu… Kalau glukosanya kurang emang kenappa???

Seperti yang sudah dijlaskan sebelumnya, glukosa merupakan bahan baku energy yang penting untuk mempersenjatai OTAK kita. Kalau ga ada glukosa, praktis akan muncul kekacauan fungsi, kerusakan jaringan, bahkan kematian sel-sel otak (jika tidak ditangani dalam waktu laama..).

Tau sendiri kan, fungsi otak kita apa…

Lantas, apa saja sih yang bisa menyebabkan kadar glukosa turun?

Diantara penyebabnya adalah…

1. Nutrisi yang tidak cukup (kurang makan, kelaparan, kurang energy karbohidrat)

2. Kekurangan hormone (hipohifofisisme, insufisiensi adrenal, defesiensi katekolamin, glucagon)

3. Defesiensi substrat (kelainan nutrisi berat, kehamilan lanjut)

4. Penyakit hati

5. Konsumsi obat-obatan (pentamidine, quinine, propranolol, salisilat, insulin) termasuk juga konsumsi alkohol

6. Hiperinsulinemia (kelebihan insulin di darah)

7. Tumor

Apa gejala yang bisa terlihat dari seseorang yg hipoglikemia?

Ada dua kategori respon ..

hypoglycemia_graph1

1. Respon neuroglikopenia à hasil langsung dari penurunan glukosa di Susunan Saraf Pusat

Gejalanya: perubahan perilaku dan status mental, kebingungan, mudah lelah, kejang, hingga hilangnya kesadaran. Bahkan, kalau terjadi dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan KEMATIAN

2. Respon neurogenik (otonom)

Gejalanya: palpitasi (jantung terasa berdebar cepat), cemas, tremor(bergetar, terutama terlihat di ujung jari), berkeringat, lapar, dan kesemutan

Tanda-tanda umum meliputi pucat (terutama terlihat di wajah, bibir, kelopak bawah mata, kuku) dan berkeringat, peningkatan denyut nadi dan tekanan darah sistolik.

Biasanya, penderita hipoglikemia punya riwayat “belum makan”, atau “aktivitas fisik terlalu berat”. Seringnya, kasus hipoglikemia ditemukan saat masa OSPEK atau sejenisnya. Buat yang aktif di kabinet mahasiswa dan akan menjalankan OSPEK untuk adik2nya, tolong diperhatikan kondisi makan adik2nya. Jangan sampai peserta disuruh datang pagi buta, akhirnya mereka ga sempet makan. Atau kegiatan yang menabrak waktu makan, akhirnya kebutuhan makan peserta ga tercukupi…

Lalu, kalau ada aktivitas lapangan yang sekiranya berat seperti outbond dll, pastikan peserta dibekali dengan minuman dan makanan yang manis-manis. Biasanya kalau saya suka disuruh bawa gula merah atau air gula.

Terapi apa sih, yang bisa kita berikan untuk pertolongan pertama hipoglikemia?

1. Berikan glukosa (gula) melalui mulut dalam jumlah yang banyak. Bisa dengan cara member air gula, teh manis, permen, atau makanan lain yang kita yakini mengandung gula (dodol misalnya?? Hehe, bercanda aja,,,). Bisa juga dengan memberikan roti, karena kadar glukosa dalam roti cukup tinggi.

2. Kalau korbannya tidak sadar? Hal yang penting untuk diingat adalah JANGAN MEMBERIKAN APAPUN LEWAT MULUT!!! Salah-salah bisa menyebabkan tertutupnya jalan nafas korban, akhirnya menyebabkan tiiiiiiiittttt(kalau di film2 biasanya ditunjukkan dengan garis lurus di alat pendeteksi detak jantung pasien, hehe). Jadi gimana? Ini sih nice to know aja, karena yang bisa melakukan prosedur ini cuma tenaga medis (panggil tenaga medis atau ambulance segera!!!). Glukosa bisa diberikan lewat selang infuse berupa dextrose 50% 25-50 g.

3. Inti dari penanganan hipoglikemia adalah penanganan cepat dan tepat. Karena pada dasarnya P3K untuk hipoglikemi relatif mudah (kecuali kalau pasiennya ga sadar, harus didahului dengan prosedur Basic Life Support<kalau denyut nadi dan nafas terhenti>)

Yah… begitulah..

Kalau ada info yang ga tepat atau sesat, tolong beri tahu saya ya,,agar bisa diperbaiki…^^

Saya hanya mahasiswa kedokteran yang pernah belajar tentang Bantuan Medis Dasar yang ingin sedikit berbagi…

Sakit Hati?? Mending sakit gigi deh…

301756_f260Ada seorang teman yang bertanya di salah satu milis yang saya ikuti, tentang apa bedanya sakit kuning sama liver, sama hepatitis…  Sampai sekarang belum saya posting balasannya di milis,,jadi saya post di sini aja deh.. Bagi yang tertarik untuk baca, silahkan baca…

Hmmm…seneng, muncul lagi bahasan2 ttg kesehatan.. jadi tergelitik utk baca textbook..

Kalo sepengetahuan saya mah.. ketiganya itu lazim dipake utk menamai kerusakan di hati(bukan heart=jantung, bukan qalbu). Liver itu sendiri bahasa Inggrisnya hati (latin: hepar). Hepatitis(affiks –itis artinya radang. Jd hepatitis=radang hepar=radang hati, gara2 infeksi virus. Ada hepatitis A, B, C ) tuh salah satu jenis kerusakan (di tingkat sel) hati yang salah satu gejalanya adalah kulit dkk terlihat menguning(karena peningktan bilirubin di darah), terutama jelas terlihat di sklera mata(bagian putih bola mata kita)yang ikut menguning. That’s why kerusakan hati sering disebut sakit kuning. Kalo penyakit hati sendiri(Liver disease) banyak macemnya. Gejala2 umum liver disease salah banyaknya:

1. Jaundice=kekuningan

Ni tuh penanda utama liver dis.dan jadi penentu tingkat keparahannya. Sebelum kuning2nya terlihat jelas di mata, biasanya ditandai dulu dengan urin=air seni yg warnanya jadi lebih pekat..tapi bukan merah yaa..kalo merah mah kemungkinan ada perdarahan di saluran kemih

2. Lemah..lesu, cepat mengantuk dan tidur lebih banyak, kehilangan stamina, energi sedikit

3. Mual2..

Biasanya muncul seiring dengan makin parahnya gangguan hati. Mual ini diprovokasi oleh bau makanan atau makan makanan berlemak. Juga karena adanya pembesaran hati yang akhirnya mendesak lambung

4. Rasa nyeri di bagian atas kanan perut(posisi hati). Disebut juga liver pain.

5. Gatal2

Fungsi liver itu sendiri kan untuk netralisasi racun2 yang ada di darah.. jadi faktor pemicu terjadinya liver disease itu sendiri diantaranya adalah konsumsi alcohol sama obat2an dlm jangka waktu lamma. Yang lainnya..karena kebiasaan hidup yg buruk, aktivitas seksual(terutama hepatitis B bs menular lewat ini), transfusi darah, penggunaan jarum suntik yg tdk steril,,riwayat keluarga.

Awas..mahasiswa2 biasanya sering terjangkit hepatitis A. Hati2 kalo beli makanan di t4 yg krg terpercaya. Bagusnya sih kita bawa sendok, garpu, gelas sendiri..biar ga ketularan kalo2 org yg bekas gelasnya kita pake ternyata lagi sakit hepatitis. Tapi repot juga yaah?? Ya..pilih2 aja deh kalo mo makan di luar rumah..jangan mentang2 ngirit(biasanya anak kos ni..apalagi ikhwan2 yg lagi ngumpulin duit buat N***H..hehe) jadi asal perut kenyang tanpa mengindahkan kesehatan..halaah, bahasanya..ckck..

Buat situs kesehatan biasanya sih saya cari di emedicine.com atau cari di mayo clinic, tp g tau alamatnya. Minta wangsitnya mbah Google aja..hehe. Situs yang pertama itu cukup terpercaya..kata dosen saya mah..(soalnya dosen2 tuh suka ogah nerima info2 terutama ttg basic science dr internet..bisa banyak salahnya..mending baca textbook katanya..hiiii..)

Wallahua’lam bishshawab^^