Gurame Asam Manis

Resep #2,

Gurame Asam Manisgurameh-asam-manis4

Baru banget diajarin sama ibu kemaren, waktu pulang ke rumah. Sejak di tempat kos, jarang banget bereksperimen lagi.. Selalu capek kalau pulang kuliah, dan akhirnya hanya membeli makanan di warung, hehe

Bahan2nya..

1.       Gurame kecil 1 ekor(sekitar 250 gr), potong-potong

2.       Bawang Bombay 1 siung, iris tipis

3.       Bawang putih 2 siung

4.       Tomat matang 3 buah, haluskan bersama bawang putih

5.       Saus tomat

6.       Cabe merah gede..iris panjang

7.       Garam, gula

8.       Maizena 1 sdm, larutkan

Caranya…

1.       Goreng ikan sampai matang,, (kemaren sih digoreng biasa, tapi kayaknya kalau digoreng pakai tepung lebih enak deh, plus bumbunya nanti lebih nempel)

2.       Tumis bawang Bombay + cabe sampai matang,,

3.       Masukkan tomat+bawang putih yang sudah dihaluskan

4.       Tambahkan saus tomat untuk memperkuat aroma + warna (sedikit aja, paling 1-2 sdm) kalau perlu, tambahkan air sedikit

5.       Bumbui..(berhubung judulnya asam manis, pastikan kalau rasa yang menonjol adalah asam manis..jd gulanya jg lebih banyak..)

6.       Tambahkan maizena yg sudah dilarutkan sambil terus diaduk..fungsinya sama,untuk mengentalkan, biar bumbu lebih nempell..

7.       Tata ikan yang sudah digoreng di atas piring saji

8.       Siramkan bumbu asam manis ke atasnya..

9.       Siap untuk disajikan

Biarpun ga seenak di restoran, karena bumbunya juga sederhana, tapi asli,,ini resep nyummy banget. Kalau lagi berlebih uang, boleh deh sekali-kali masak ini di tempat kos.

Oya, kata ibu, ikannya ga harus gurame..bisa juga pake ikan lainnya, asal jangan ikan busuk,,,heu..

Biar rasa asamnya kuat, bisa juga ditambah buah-buahan yang asam kayak nanas atau mangga muda..tapi jagan kebanyakan, nanti gastritis..;p

Tadi sempet kepikiran gimana caranya ngeblender tomat padahal ga da blender di kost..terus jadi inget dulu pernah liat di tipi… Caranya, tomatnya direbus(atau direndem pakai air mendidih) dulu, terus dikuliti,,setelah itu pasti gampang buat dihancurin…heu

Kalau mau sedikit ngubah resepnya jadi bumbu asam pedas, tambahin aja cabe merah yang udah diblender… terus rasa manisnya dikurangin sedikit,,,biar ga terlalu banyak rasa yang dominan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: