Saya iya…kamu???

Suatu pagi yang cerah di FK Unpad dengan latar ruang tutorial 9 gedung A5. Beberapa orang terlihat sudah mengambil posisi duduk..semuanya menghindari 2 kursi yang ada di sebelah kursi tutor. ada yang terlihat membuka-buka catatannya(baca: belajar), ada juga yang terlihat menganggur sambil sesekali menguap..termasuk saya di golongan yg ke2,hehe. jam9 kurang, dosen tutor belum datang. Kepagian! saya membatin.
“Eh, lo semua ada yang anak pertama ga di sini??” suara teman saya tiba2 memecah keheningan. “emang kenapa?” beberapa orang menimpali termasuk saya. Saya mengira2 isi pikiran teman saya yang membuat dia bertanya seperti itu. “Ga papa, gue tiba2 kepikiran aja. Coba bayangin kalo tiba2 bokap nyokap lo udah ga ada lagi sementara lo masih kuliah dan adek2 lo masih sekolah.” Teman saya menjawab. Jreeeeng…siing…sepi..kayanya pada mikir. Isi pikiran saya buntu,belum ada jawaban.
mmm….

“Elo sih enak Gin, Cum, lo berdua kan cewe. Cari aja suami yang tajir, atau minimal yang bokapnya tajir. Beres deh. Lo dan adek2 lo bisa tetep sekolah.” Great!! Isi pikiran saya terbaca. “Nah gue, gue kan cowo. Gue yang harus ada di posisi itu. Ga banget kan kalo gue cari istri kaya terus gue bergantung sama dia. Ditambah lagi kenyataan kalo kebanyakan anak FK tuh belum ada artinya sampe mereka jadi dokter. Itu pun sukses2nya paling banter baru keliatan umur 30an. Kalo sekarang gue kerja, kuliah gue gimana? Kalo gue cuma kuliah, gue sama adek2 gue makan apa? Kalo posisinya kaya gitu. Gue ampe ga bisa tidur mikirin hal ini.” Lanjut teman saya.

*****

Satu hal penting yang sering saya lupakan, saya punya dua orang adik yang secara ga langsung jadi tanggungan saya. Bukan sekedar jadi contoh yang baik, tapi juga kelak..hal2 semacam itu pun jadi tanggungan saya.
Hhhh… Dia pusing. Saya jadi ikut2an pusing. Saya jadi bersemangat untuk mencari solusi. Ya, kelak saya harus jadi orang kaya, bukan karena profesi saya kelak(insya4WI dokter)-karena idealisme saya berkata, saya harus bekerja untuk kemanusiaan, untuk ummat, bukan untuk materi-, bukan karena suami dan mertua saya kaya(meski ga nolak juga sih, kalo ternyata dikasih suami yang kaya raya..hehe), tapi karena usaha yang saya rintis,dan itu harus dimulai dari sekarang. Yap!!! Ide2 mulai berseliweran di pikiran saya…dan saya harus bisa mewujudkan ide2 itu… Bisnis..jadi inget. Sembilan dari sepuluh(bener ga ya?? Agak lupa..) sahabat Rasulullah saw. yang dijamin masuk surga adalah pedagang. Tampaknya ini yang akan jadi prioritas saya.. Bismillah..saya harus memulainya!!!

Welcome back UtGcorp…

2 responses to this post.

  1. Posted by miadrgonabe on January 27, 2009 at 4:07 pm

    Yups,,gin..That’s right!!

    hal itu sbnrnya sudah pernah melintas di pikiranku beberapa waktu silam (emng udh agak lama juga siih,,tp blm di-follow up)

    saat itu, ku hela nafas panjang dan ku azzam kan pada diri : “Aku harus jadi kaya dulu sebelum jadi dokter!”. agar, ketika peran dokter itu sudah ‘resmi’ melekat didiriku,,maka bisa kupenuhi haknya sebagai peranan pengabdi masyarakat seutuhnya tanpa di-embel-embeli “money oriented only”..

    yuk gin,,kita bener2 mulai follow up mimpin kita, idealisme kita yg bisa diterapkan secara real di kehidupan nyata. (soalnya bnyk yg bilang, idealisme itu ga kan bertahan ketika kau terjun ke dunia ‘nyata’)

    tapi memang begitulah kita!
    mahasiswa!
    pemuda!
    yang punya semangat membara!
    intelektual yg terasah!
    dan hati nurani yang bersih!

    keep hamasah!!
    \(^_^)/

    Reply

  2. Posted by Gina Septiani on January 27, 2009 at 4:16 pm

    setuju…setuju…
    aduh, doain aq yah..semoga tetap dengan idealisme ini..huuhuu..

    Reply

Leave a Reply

