Demam Berdarah Dengue, Masalah dan Cara Penanggulangannya

http://www.idai.or.id/hottopics/detil.asp?q=20

Apa Itu Demam Berdarah Dengue?

Penyakit demam berdarah adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus. Dikenal bermacam-macam jenis virus penyebab penyakit demam berdarah, tetapi di Indonesia hanya terdapat 2 jenis virus penyebab demam berdarah yaitu virus dengue dan virus chikungunya. Diantara kedua jenis virus yang terdapat di negeri kita, virus dengue merupakan penyebab terpenting dari demam berdarah. Oleh karena itu, penyakit demam berdarah yang kita kenal tepatnya bernama demam berdarah dengue, sesuai dengan nama virus penyebab.

Virus dengue sebagai penyebab penyakit demam berdarah dengue, merupakan mikroorganisme yang sangat kecil hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron. Virus hanya dapat hidup di dalam sel hidup, maka demi kelangsungan hidupnya, virus harus bersaing dengan sel manusia yang ditempati terutama untuk kebutuhan protein. Apabila daya tahan tubuh seseorang yang terkena infeksi virus tersebut rendah, sebagai akibatnya sel jaringan akan semakin rusak bila virus tersebut berkembang banyak maka fungsi organ tubuh tersebut baik, maka akan sembuh dan timbul kekebalan terhadap virus dengue yang pernah masuk ke dalam tubuhnya.

Penyakit demam berdarah dengue mengenai seseorang melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk yang menularkan penyakit adalah nyamuk betina dewasa. Nyamuk betina memerlukan darah manusia atau binatang untuk hidup dan berkembang biak. Apabila di sekitar tempat bersarang nyamuk tersebut dijumpai seseorang yang sedang sakit demam berdarah penyakit demam berdarah dengue ringan atau berat. Bila daya tahan tubuh baik dan virus tidak ganas, maka derajat penyakit tidak berat. Sebaliknya apabila daya tahan tubuh rendah seperti pada anak-anak, penyakit infeksi dengue ini dapat menjadi berat bahkan dapat mematikan.

Seperti halnya virus yang lain (misalnya influenza, campak) sebagian besar penderita anak sembuh dengan sendirinya, baik diobati maupun tidak diobati oleh karena penyakit virus bersifat self limiting disease. Jadi, penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus mempunyai keunikan yaitu datang mendadak, penyakit akan berjalan terus walaupun diobati, dan akhirnya akan sembuh dengan sendirinya tergantung dari ketahanan tubuh orang yang terkena. Jadi, apa gunanya diobati? Sebenarnya yang diobati adalah gejala yang timbul sebagai ‘akibat ulah’ virus yang berakhir timbul gejala demam, syok, maupun perdarahan, oleh karena sampai sekarang belum ada obat yang dapat membunuh virus dengue, maka harapan lainnya adalah dibuatnya vaksin dengue, yang sampai saat ini masih dalam taraf penelitian dan belum beredar. Continue reading

Something called PEDIATRICS

haghag.

menyambung tulisan sebelumnya..

ingin sedikit menulis tentang sesuatu yang sedang sangat saya sukai sekarang.

PEDIATRICS atau kalau di RSHS namanya Ilmu Kesehatan Anak.\

Pasti yang terbayangkan pasien2 di bagian anak tuh bayi2 imut dan balita2 ngegemesin semua.. Padahal, yang namanya spesialis anak tuh menangani pasien sampai usia remaja..<18 tahun.. karena saat di usia itulah seorang manusia masih bisa tumbuh dan berkembang.. That’s why, urusan remaja juga jadi kewenangan spesialis anak…

hmm..

Satu hal yang terus membuat saya terus bersyukur ketika kuliah di FK adalah..saya menyadari penuh bahwa ilmu Allah saaaaangat luas. Pun dalam Ilmu Kesehatan Anak(IKA), masih banyak cabang2 IKA yang harus didalami lagi oleh seorang Sp.A untuk menjadi seorang konsultan.. kalau tidak salah, ada sekitar 13 subspesialis…

perinatologi

gastrohepatologi

kardiologi

tumbuh kembang pediatri sosial

nefrologi

hematologi-onkologi

alergi-imunologi

pencitraan anak

endokrinologi

pediatri gawat darurat

infeksi dan penyakit tropis

neurologi

respirologi

nutrisi dan penyakit metabolik

hmm, semoga masih diberikan usia untuk menapakinya..🙂

..to be continued..

My Medical Speciality Aptitude Test

1 rheumatology 40
2 pulmonology 38
3 nephrology 38
4 hematology 38
5 occupational med 38
6 nuclear med 38
7 pediatrics 37

8 plastic surgery 37
9 otolaryngology 36
10 ophthalmology 36
11 anesthesiology 36
12 radiation oncology 36
13 preventive med 35
14 emergency med 35
15 dermatology 35
16 med oncology 35
17 infectious disease 35
18 endocrinology 35
19 neurology 35
20 neurosurgery 35
21 aerospace med 35
22 physical med & rehabilitation 34
23 urology 34
24 general surgery 34
25 radiology 34
26 orthopaedic surgery 34
27 cardiology 34
28 colon & rectal surgery 34
29 gastroenterology 34
30 allergy & immunology 33
31 pathology 33
32 obstetrics/gynecology 33
33 psychiatry 33
34 thoracic surgery 32
35 general internal med 31
36 family practice 30

hmm…

surprised with the result! sangat berharap kalau yg paling atas tuh yg saya warnai merah..

yup..hampir tiga tahun d FK Unpad, baru sekali-kalinya saya merubah cita-cita..hehe

awal masuk FK, sangat ingin menjadi spesialis kandungan.. hmm, ternyata setelah belajar obstetri-ginekologi…hff,luntur seketika cita-cita itu. Entah mengapa..mugkin faktor terbesarnya adalah ketidaksesuaian antara dunia obgin dengan kepribadian saya..

dan sekarang…saya menjatuhkan pilihan hati saya pada pediatrik.. entah mengapa…selama belajar obgin (dan mulai melupakannya), cita-cita menjadi spesialis anak itu mulai muncul dan mengakar dalam tekad saya. YES! I want to be a pediatrician..subspesialis tumbuh kembang anak..(hmmm..). Meski saya ga menutup hati juga sih, buat yang lain..(deeeuu..kesannya lagi ngomongin apaaa gituh)..

Yosh! sekarang tinggal belajar yang bener untuk S.Ked..tahun depan harus hengkang dari Jatinangor..insyaAllah.

menjalani hari2 melelahkan sebagai ko-as(udah “ko”, asisten lagi..) jadi terbayangkan.. visite, jaga malam, case report… selama 1,5 tahun setelahnya..

Abis koas?? magang pastinya, di puskesmas atau RS jejaring RSHS..semoga saat itu semua yg dipelajari sudah terintegrasi..

and then…

yippie! dapet gelar dr., dibeakang nama…waah, pasti bahagia banget rasanya saat itu..

Tapi setelah itu semua, perjuangan belum terhenti..Tapi semua baru bermula. Ya Rabb, kuatkanlah..

Dan Semua itu Adalah Ketentuan Allah..

Shock therapy in midnight.

dreeet…dreeet… Hape Z610i yang sejak tadi saya simpan di samping laptop tiba-tiba bergetar..

1 New Message..

Baca SMS… terhenyak dan langsung terbangun dari posisi malas di depan laptop.

“Gin..aku kecelakaan.. Aku gpp..
mobilnya kbalik..
bsk kl g msk tlg kabari tutor 10” (redaksi kata diubah sedikit untuk menyamarkan kondisi..)

Innalillahi… panik untuk beberapa saat. Berpikir apa yang harus dilakukan setelah membaca SMS tadi.
SMS itu datang dari salah seorang saudara saya di FK. Saudara yang selama ini berjuang sama-sama.. Satu visi.. Satu ikatan..

….

tapa pikir panjang lagi saya tekan nomornya dari HP. Tersambung. Sudah bisa diduga..suara tangisan langsung terdengar dari sebelah sana. Saya lebih banyak diam. Berusaha untuk menenangkan.. “Kamu ga papa kan?” buat saya, saya sangat bersyukur karena masih bisa mendengar tangisan saudara saya itu. Alhamdulillah, puji syukur padaMu ya Rabb..masih memberikan keselamatan pada saudara saya… Tak terbayangkan perasaan yang muncul jika kondisinya berbeda.

Sedari tadi mata saya berkaca-kaca.. Ya Rabb…berikan perlindungan, ketenangan, dan kesabaran pada saudara saya… Aamin..

***

Hikmah in the night…

Betapa dekatnya diri kita dengan maut.. Apa yang saudara saya alami jelas suatu kejadian yang mendekatkannya pada maut..
Saya pun, dalam kondisi yang aman saat ini, nyaman berada di atas kasur yang hangat, bukan berarti saya terbebas dari kejaran maut. Ya, maut terus mengejar saya, mengejar kita. Tanpa disadari, setiap detik, menit, dan jam berlalu itu semakin mendekatkan kita pada maut.

Teringatkan kembali..

Semoga dengan kejadian ini bisa menambah self awareness saya dan teman2 yg membaca tentang maut. Bahwa ia bisa datang kapan saja, dengan cara yang tidak pernah kita duga..
Dan pastinya, saat maut itu datang,, alangkah beruntungnya orang2 yang sedang berada di atas keimanannya yang tertinggi..

Ya Rabb..kelak, matikan kami dalam keadaan husnul khatimah…aamin..

****

..Ya Rabb, jagalah saudaraku ini, limpahkan kesabaran yang tak terbatas baginya, karuiakan ketenangan & keikhlasan untuknya dalam menerima ketentuanMu ini…

Yuk..menulis lagi

Sempat malas untuk menulis selama 1 bulan lebih..

Sebel juga rasanya, karena si blog jadi tidak ter-up-date..

udah bikin targetan tahun ini untuk my bloggy…seratus postingan…

Yosh!! Semangat!! \(^o^)/

Semoga dengan targetan ini bisa menambah semangat saya untuk menulis..

.::Mengumpulkan semangat2 yg tersisa::.
Bismillah…

Delapan Kebohongan Seorang Ibu Dalam Hidupnya

…Ngobrak-ngabrik email2 lama..menemukan message dari seorang teman..
Bagus pisan.. Semoga bisa mengingatkan kita semua..🙂
…Mom, I Love u..and I really Miss you..favorite-mommy-moments-bridgetz81

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita percaya bahwa
kebohongan akan
membuat manusia terpuruk dalam penderitaan yang
mendalam, tetapi kisah
ini justru sebaliknya. Dengan adanya kebohongan ini,
makna sesungguhnya
dari kebohongan ini justru dapat membuka mata kita dan
terbebas dari
penderitaan, ibarat sebuah energi yang mampu mendorong
mekarnya sekuntum
bunga yang paling indah di dunia.

Cerita bermula ketika aku masih kecil, aku terlahir
sebagai seorang
anak laki-laki di sebuah keluarga yang miskin. Bahkan
untuk makan saja,
seringkali kekurangan. Ketika makan, ibu sering
memberikan porsi nasinya
untukku. Sambil memindahkan nasi ke mangkukku, ibu
berkata : “Makanlah
nak, aku tidak lapar” ———- KEBOHONGAN IBU YANG
PERTAMA

Continue reading

Muhasabah Cinta

loveMuhasabah Cinta

EdCoustic


Wahai… Pemilik nyawaku
Betapa lemah diriku ini
Berat ujian dariMu
Kupasrahkan semua padaMu

Tuhan… Baru ku sadar
Indah nikmat sehat itu
Tak pandai aku bersyukur
Kini kuharapkan cintaMu

Reff. :
Kata-kata cinta terucap indah
Mengalun berzikir di kidung doaku
Sakit yang kurasa biar jadi penawar dosaku
Butir-butir cinta air mataku
Teringat semua yang Kau beri untukku
Ampuni khilaf dan salah selama ini
Ya ilahi….
Muhasabah cintaku…

Tuhan… Kuatkan aku
Lindungiku dari putus asa
Jika ku harus mati
Pertemukan aku denganMu

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.