Hipoglikemia

Apa itu hipoglikemia???

Hipo=sedikit

Glikemia=glukosa darah

Hipoglikemia adalah suatu kondisi dimana terjadi penurunan kadar normal glukosa(gula) darah.

Kriteria diagnosisnya menurut Whipple’s:

1. Ada gejala-gejala hipoglikemia seperti pusing, lemas, gemetar, berkeringat, dsb

2. Konsentrasi plasma glukosa yang rendah(dalam hasil pemeriksaan laboratorium)

3. Hilangnya gejala setelah level glukosa darah meningkat (setelah pemberian glukosa)

Emang apa sih pentingnya glukosa dalam tubuh kita???

Glukosa sendiri adalah bahan bakar metabolisme yang harus ada, mutlak, untuk otak kita dapat berfungsi normal. Jadi, fungsi otak sendiri tentunya akan berkurang kalau energy hasil metabolism glukosa tidak ada atau minim. Sedangkan, organ tubuh yang lainnya seperti otot masih dapat menggunakan asam lemak jika glukosa darah turun.

Kandungan glukosa darah bergantung pada intake makanan dan tingkat akivitas tubuh. Keseimbangan glukosa darah diregulasi oleh satu mekanisme biokimia rumit yang namanya glikolisis dan glukogenesis . Dalam kondisi membutuhkan energy, tubuh praktis menjalankan fungsi glikolisisnya (glikogen dipecah ke bentuk glukosa) ,,untuk memenuhi cakupan glukosa ke jaringan. Pun sebaliknya, jika tubuh kelebihan glukosa, glukosa ini akan mengalami proses glikogenesis untuk kemudian disimpan dalam bentuk glikogen.

Oya, ada satu lagi proes yang namanya glukoneogenesis. Proses ini akan berlangsung jika cadangan glukosa dalam bentuk glikogen sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan tubh lagi. Nantinya, glukosa akan dibentuk dari zat2 lain seperti asam laktat, piruvat, dll.

Nah, proses-proses rumit tersebut diatas bukan tanpa suatu mekanisme pengaturan. Fungsi dari proses-proses itu kemudian diatur oleh satu sistem yang dinamakan sistem endokrin yang melibatkan hormon. Yaitu dengan fungsi insulin dan glucagon (nantinya, insulin akan sangat erat hubungan kekerabatannya dengan penyakit mengerikan yang namanya DIABETES).

Hmmm, menarik yah… Kalau mau tau lebih jelas giman prosesnya,silahkan baca sadja buku biokimia Harper’s(buku yang sangat kurang saya senangi..T.T)

Laluu… Kalau glukosanya kurang emang kenappa???

Seperti yang sudah dijlaskan sebelumnya, glukosa merupakan bahan baku energy yang penting untuk mempersenjatai OTAK kita. Kalau ga ada glukosa, praktis akan muncul kekacauan fungsi, kerusakan jaringan, bahkan kematian sel-sel otak (jika tidak ditangani dalam waktu laama..).

Tau sendiri kan, fungsi otak kita apa…

Lantas, apa saja sih yang bisa menyebabkan kadar glukosa turun?

Diantara penyebabnya adalah…

1. Nutrisi yang tidak cukup (kurang makan, kelaparan, kurang energy karbohidrat)

2. Kekurangan hormone (hipohifofisisme, insufisiensi adrenal, defesiensi katekolamin, glucagon)

3. Defesiensi substrat (kelainan nutrisi berat, kehamilan lanjut)

4. Penyakit hati

5. Konsumsi obat-obatan (pentamidine, quinine, propranolol, salisilat, insulin) termasuk juga konsumsi alkohol

6. Hiperinsulinemia (kelebihan insulin di darah)

7. Tumor

Apa gejala yang bisa terlihat dari seseorang yg hipoglikemia?

Ada dua kategori respon ..

hypoglycemia_graph1

1. Respon neuroglikopenia à hasil langsung dari penurunan glukosa di Susunan Saraf Pusat

Gejalanya: perubahan perilaku dan status mental, kebingungan, mudah lelah, kejang, hingga hilangnya kesadaran. Bahkan, kalau terjadi dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan KEMATIAN

2. Respon neurogenik (otonom)

Gejalanya: palpitasi (jantung terasa berdebar cepat), cemas, tremor(bergetar, terutama terlihat di ujung jari), berkeringat, lapar, dan kesemutan

Tanda-tanda umum meliputi pucat (terutama terlihat di wajah, bibir, kelopak bawah mata, kuku) dan berkeringat, peningkatan denyut nadi dan tekanan darah sistolik.

Biasanya, penderita hipoglikemia punya riwayat “belum makan”, atau “aktivitas fisik terlalu berat”. Seringnya, kasus hipoglikemia ditemukan saat masa OSPEK atau sejenisnya. Buat yang aktif di kabinet mahasiswa dan akan menjalankan OSPEK untuk adik2nya, tolong diperhatikan kondisi makan adik2nya. Jangan sampai peserta disuruh datang pagi buta, akhirnya mereka ga sempet makan. Atau kegiatan yang menabrak waktu makan, akhirnya kebutuhan makan peserta ga tercukupi…

Lalu, kalau ada aktivitas lapangan yang sekiranya berat seperti outbond dll, pastikan peserta dibekali dengan minuman dan makanan yang manis-manis. Biasanya kalau saya suka disuruh bawa gula merah atau air gula.

Terapi apa sih, yang bisa kita berikan untuk pertolongan pertama hipoglikemia?

1. Berikan glukosa (gula) melalui mulut dalam jumlah yang banyak. Bisa dengan cara member air gula, teh manis, permen, atau makanan lain yang kita yakini mengandung gula (dodol misalnya?? Hehe, bercanda aja,,,). Bisa juga dengan memberikan roti, karena kadar glukosa dalam roti cukup tinggi.

2. Kalau korbannya tidak sadar? Hal yang penting untuk diingat adalah JANGAN MEMBERIKAN APAPUN LEWAT MULUT!!! Salah-salah bisa menyebabkan tertutupnya jalan nafas korban, akhirnya menyebabkan tiiiiiiiittttt(kalau di film2 biasanya ditunjukkan dengan garis lurus di alat pendeteksi detak jantung pasien, hehe). Jadi gimana? Ini sih nice to know aja, karena yang bisa melakukan prosedur ini cuma tenaga medis (panggil tenaga medis atau ambulance segera!!!). Glukosa bisa diberikan lewat selang infuse berupa dextrose 50% 25-50 g.

3. Inti dari penanganan hipoglikemia adalah penanganan cepat dan tepat. Karena pada dasarnya P3K untuk hipoglikemi relatif mudah (kecuali kalau pasiennya ga sadar, harus didahului dengan prosedur Basic Life Support<kalau denyut nadi dan nafas terhenti>)

Yah… begitulah..

Kalau ada info yang ga tepat atau sesat, tolong beri tahu saya ya,,agar bisa diperbaiki…^^

Saya hanya mahasiswa kedokteran yang pernah belajar tentang Bantuan Medis Dasar yang ingin sedikit berbagi…

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: